SUDARNI (2023) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IV C SDI MINASA UPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL SKRIPSI 1 OK!!!.docx Download (22kB) |
|
Text
3. BAB I darni OK!!!.docx Download (32kB) |
|
Text
4. BAB II darni OK!!!.docx Download (58kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN darni OK!!!.docx Download (15MB) |
|
Text
9. DAFTAR RIWAYAT HIDUP OK!!!.docx Download (52kB) |
Abstract
SUDARNI, 2016. Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas IV C SDI Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh: Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd dan Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV C SDI Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV C SDI Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV C. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dalam bentuk siklus dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV C sebanyak 27 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki pada tahun pelajaran 2015/2016 semester genap dengan mata pelajaran IPA. Fokus penelitian ini adalah metode Mind Mapping dan hasil belajar. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup sedangkan siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dari kategori Tidak Tuntas pada siklus I menjadi kategori Tuntas pada siklus II dan kriteria ketuntasan minimal siswa sudah tercapai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV C SDI Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 May 2023 05:59 |
Last Modified: | 26 May 2023 05:59 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29219 |
Actions (login required)
View Item |