PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN NO.86 MANGARABOMBANG KECAMATAN BONTOA KABUPATEN MAROS

IRAWATI (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN NO.86 MANGARABOMBANG KECAMATAN BONTOA KABUPATEN MAROS.

[img] Text
HALAMAN DEPAN ALL.pdf

Download (352kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Irawati, 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN NO.86 Mangarabombang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Skripsi: dibimbing oleh Dra. Amrah, S.Pd dan Nurhaedah, S.Pd, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran model Student Teams Achievement Division (STAD), dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 86 Mangarabombang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 86 Mangarabombang. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Jika model pembelajaran “Student Teams Achievement Division (STAD)” dilaksanakan pada mata pelajaran IPS, maka hasil belajar siswa di kelas V SDN 86 Mangarabombang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran “Student Teams Achievement Division (STAD)”dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini bertempat di kelas V SDN 86 Mangarabombang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros dengan subyek penelitian sebanyak 20 siswa, 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai pengajar dan guru bertindak sebagai observer serta memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi proses hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Sedangkan hasil pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori kurang (K) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulannya adalah bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 86 Mangarabombang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 May 2023 03:12
Last Modified: 26 May 2023 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29209

Actions (login required)

View Item View Item