PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 199 MADDUKKELLENG KECAMATAN TEMPE KABUPATEN WAJO

FINNI ALFIANI AMRAN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 199 MADDUKKELLENG KECAMATAN TEMPE KABUPATEN WAJO.

[img] Text
i. ii. iii. iv. v sampul, persetjuan pb, keaslian, motto.doc

Download (1MB)
[img] Text
vi. ABSTRAKkuu yes.doc

Download (29kB)
[img] Text
vii. xiii. prakata dan DIkuu.docx

Download (40kB)
[img] Text
bab I yes.doc

Download (54kB)
[img] Text
bab II yes.doc

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR BOOK.doc

Download (29kB)
[img] Text
KATA LAMPIRAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN SIKLUS 1 dan II.docx

Download (434kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUPkuu.docx

Download (44kB)

Abstract

FINNI ALFIANI AMRAN, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 199 Maddukkelleng Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah A, M. Si. Dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom.,M.Pd, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sehingga timbul rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 199 Maddukkelleng Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Penelitian ini bertujuan mendekripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 199 Maddukkelleng Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan dengan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match oleh guru dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 199 Maddukkelleng Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo, sebanyak 22 orang, yang terdiri dari 14 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil belajar siswa siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat yaitu berada dalam kategori baik. Hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, setelah dilaksanakan siklus II aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa meningkat yaitu berada dalam kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 199 Maddukkelleng Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 May 2023 03:01
Last Modified: 26 May 2023 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29208

Actions (login required)

View Item View Item