PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V (AL-Mudzillu) SEKOLAH DASAR ISLAM AL-AZHAR 34 KOTA MAKASSAR

NUR ZAKIYYAH ULFAH Z (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V (AL-Mudzillu) SEKOLAH DASAR ISLAM AL-AZHAR 34 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. sampul lengkP 1.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (91kB)
[img] Text
Doc3.docx

Download (6MB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 & 2.docx

Download (448kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 dan 4.docx

Download (32kB)

Abstract

NUR ZAKIYYAH ULFAH, 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V Al-Mudzillu Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 34 Makassar. Skripsi. DibimbingolehBapak Dr. SuarlinS.Pd, M.SidanIbuDra. Hj.SittiMurniM.hum.Program StudiPendidikan Guru SekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Makassar. Penelitian inidilandasi oleh kenyataan di SD Islam Al-Azhar 34 Kota Makassar bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang belum memenuhi kriteria nketuntasan minimal (KKM) yaitu tujuh puluh koma nol. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakahpenerapanpendekatankontekstualdalammeningkatkanhasilbelajar IPA padasiswakelas V Al-MudzilluSekolahDasar Islam Al-Azhar 34 Kota Makassar?. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanpendekatankontekstualdalammeningkatkanhasilbelajar IPA siswakelas V Al-Mudzillu SD Islam Al-Azhar 34 Kota Makassar. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdeskriptifdenganjenispenelitiantindakankelas.Subjekpenelitian guru matapelajaran IPA padasiswakelas V Al-Mudzillu SD Islam Al-Azhar 34 Kota Makassar sebanyak 27 orang terdiriatas 11 siswalaki-lakidan 16 siswaperempuantahunajaran 2015/2016 Pelaksanaanpembelajaranmelalui 7 komponenutamadalampendekatankontekstual, meliputikonstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakatbelajar, pemodelan, refleksi, danpenilaiansebenarnya. Pelaksanaantindakandimualipadatahapperencanaan,tindakan,observasi, danrefleksidenganteknikpengumpulan data observasi, tes, dandokumentasi. Teknikanalisis data yang diguakanyaituteknikanalisiskualitatifdankuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwabelajarsiswapadasiklus I tergolongkategoritinggi (T) akantetapibelummencapai KKM yaitutujuhpuluhkomanolsecaraindividudansiklus II tergolongkategorisangattinggi (ST). BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwadenganpenerapanPendekatanKontekstualpadamatapelajaran IPA makahasilbelajarsiswakelas V Al-MudzilluSekolahDasar Islam Al-Azhar 34 Kota Makassar dapatmeningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 May 2023 02:48
Last Modified: 26 May 2023 02:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29207

Actions (login required)

View Item View Item