NUR ZAKIYYAH ULFAH Z (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V (AL-Mudzillu) SEKOLAH DASAR ISLAM AL-AZHAR 34 KOTA MAKASSAR.
Text
1. sampul lengkP 1.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (91kB) |
|
Text
Doc3.docx Download (6MB) |
|
Text
LAMPIRAN 1 & 2.docx Download (448kB) |
|
Text
LAMPIRAN 3 dan 4.docx Download (32kB) |
Abstract
NUR ZAKIYYAH ULFAH, 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V Al-Mudzillu Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 34 Makassar. Skripsi. DibimbingolehBapak Dr. SuarlinS.Pd, M.SidanIbuDra. Hj.SittiMurniM.hum.Program StudiPendidikan Guru SekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Makassar. Penelitian inidilandasi oleh kenyataan di SD Islam Al-Azhar 34 Kota Makassar bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang belum memenuhi kriteria nketuntasan minimal (KKM) yaitu tujuh puluh koma nol. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakahpenerapanpendekatankontekstualdalammeningkatkanhasilbelajar IPA padasiswakelas V Al-MudzilluSekolahDasar Islam Al-Azhar 34 Kota Makassar?. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanpendekatankontekstualdalammeningkatkanhasilbelajar IPA siswakelas V Al-Mudzillu SD Islam Al-Azhar 34 Kota Makassar. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdeskriptifdenganjenispenelitiantindakankelas.Subjekpenelitian guru matapelajaran IPA padasiswakelas V Al-Mudzillu SD Islam Al-Azhar 34 Kota Makassar sebanyak 27 orang terdiriatas 11 siswalaki-lakidan 16 siswaperempuantahunajaran 2015/2016 Pelaksanaanpembelajaranmelalui 7 komponenutamadalampendekatankontekstual, meliputikonstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakatbelajar, pemodelan, refleksi, danpenilaiansebenarnya. Pelaksanaantindakandimualipadatahapperencanaan,tindakan,observasi, danrefleksidenganteknikpengumpulan data observasi, tes, dandokumentasi. Teknikanalisis data yang diguakanyaituteknikanalisiskualitatifdankuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwabelajarsiswapadasiklus I tergolongkategoritinggi (T) akantetapibelummencapai KKM yaitutujuhpuluhkomanolsecaraindividudansiklus II tergolongkategorisangattinggi (ST). BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwadenganpenerapanPendekatanKontekstualpadamatapelajaran IPA makahasilbelajarsiswakelas V Al-MudzilluSekolahDasar Islam Al-Azhar 34 Kota Makassar dapatmeningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 May 2023 02:48 |
Last Modified: | 26 May 2023 02:48 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29207 |
Actions (login required)
View Item |