PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD INPRES KAILI KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG

EKA SAPUTRI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD INPRES KAILI KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
Sampul.docx

Download (42kB)
[img] Text
Abstrak, Motto, dll.docx

Download (36kB)
[img] Text
Isi.docx

Download (232kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (49kB)

Abstract

Eka Saputri, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Inpres Kaili Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Amrah, S.Pd, M.Pd dan Dr. Ansar., M. Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas V. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Inpres Kaili Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng dan bagaimanakah gambaran hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres Kaili Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SD Inpres Kaili Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng dan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Inpres Kaili Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan peningkatan hasil belajar IPS. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Kaili Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa kelas V yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan itu dilihat dari setiap siklus. Siklus I aktivitas guru dan siswa masing-masing dikategorikan cukup. Kemudian pada siklus II aktivitas guru dan siswa meningkat dengan kategori baik kemudian pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dari siklus I masuk kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik.. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatan hasil belajar IPS setiap siklusnya pada siswa kelas V SD Inpres Kaili Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 May 2023 07:09
Last Modified: 25 May 2023 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29200

Actions (login required)

View Item View Item