ANDI RIZKA MARGI ASTUTI .AI AI A (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDNCENTRE MANGALLI KECAMATAN PALANGGA KABUPATEN GOWA.
Text
SAMPUL.docx Download (105kB) |
|
Text
SKRIPSI.doc Download (229kB) |
|
Text
LAMPIRAN FIX.docx Download (3MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (142kB) |
Abstract
Andi Rizka Margi Astuti A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing Oleh Dr. Latang M.Pd danDra. Hj. Nurhaedah A, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran bermain peran (role playing) untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran bermain peran (role playing) untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran bermain peran (role playing) dan hasil belajar PKn siswakelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Setting penelitian bertempat di SDN Centre Mangalli Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV sebanyak 32 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes, dan dokumetasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwaadanya peningkatan hasil belajar PKn dari siklus I ke siklus II dimana pada siklus I hasil belajar PKn berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Aktivitas guru siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Aktivitas siswa siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada padakategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran bermain peran (role playing) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Centre Mangalli Kcamatan Palangga Kabupaten Gowa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 May 2023 06:38 |
Last Modified: | 25 May 2023 06:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29196 |
Actions (login required)
View Item |