PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI MALEWANG KOTA MAKASSAR

MIFTAHUL JANNAH (2023) PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI MALEWANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (73kB)
[img] Text
Isi Skripsi.docx

Download (76kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (5MB)

Abstract

MIFTAHUL JANNAH, 2016. Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar. Skripsi, dibimbing oleh Drs. Muh. Faisal, M.Pd dan Khaerunnisa S.Pd.I.MA pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan Metode Simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar dengan jumlah siswa 31 orang. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode simulasi dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dimana pada siklus I hasil observasi aktivitas guru dan siswa masih berada pada kategori cukup disebabkan langkah- langkah pembelajaran pada pelaksanaan metode simulasi belum terlaksana secara maksimal sedangkan pada siklus II observasi aktivitas guru dan siswa dikategorikan baik atau mengalami peningkatan hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa dimana pada siklus I berada pada kategori kurang dan mengalami peningkatan pada siklus II dimana berada kategori baik. Peningkatan nilai hasil belajar siswa sudah berada pada kategori baik dan kriteria ketuntasan minimal siswa sudah tercapai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan metode simulasi pada kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar Meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 May 2023 03:29
Last Modified: 25 May 2023 03:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29153

Actions (login required)

View Item View Item