PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD INPRES PALLANGGA KECAMATAN TINGGIMONCONG KABUPATEN GOWA

JUMARLIANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD INPRES PALLANGGA KECAMATAN TINGGIMONCONG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (104kB)
[img] Text
PENGESAHAN panitia UJIAN SKRIPSI 2.pdf

Download (346kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBIN1 setelah tutup.pdf

Download (354kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (97kB)
[img] Text
PRAKATA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
MOTO.pdf

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB.pdf

Download (540kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah metode pembelajaran yang digunakan sebelumnya kurang sesuai dengan karakteristik tujuan pembelajaran sehingga keterampilan menulis karangan narasi rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV B SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Mind Mapping dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas 1V B SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping dan keterampilan menulis karangan narasi. Subjek penelitian ini adalah 1 guru kelas IV B SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan 23 orang siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai pengajar dan guru bertindak sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui penerepan metode Mind Mapping yaitu pada siklus I nilai keterampilan menulis karangan narasi siswa berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II nilai keterampilan menulis karangan narasi mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik (B). sementara, hasil observasi guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV B SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 06:34
Last Modified: 24 May 2023 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29106

Actions (login required)

View Item View Item