NURFADILLAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPEL TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN 025 RAPPANG KECAMATAN TAPANGO KABUPATEN POLEWALI MANDAR.
Text
SAMPUL.docx Download (6MB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (68kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (44kB) |
|
Text
BAB IV dan BAB V.docx Download (69kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (13MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (22kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (38kB) |
Abstract
Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 025 Rappang Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 025 Rappang Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 025 Rappang Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experiment, dengan design penelitian one-grup pretest-posttest design. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas Model Pembelajaran Example Non Example dan variabel terikat hasil belajar menulis karangan deskripsi. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 025 Rappang Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar dan tehnik sampling yang digunakan purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 025 Rappang Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil thitung > ttabel (10,408 > 1,703), hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 025 Rappang Kecamatan Tapango Kabupten Polewali Mandar. Kesimpulan penelitian ini adalah Model Pembelajaran Example Non Example memberikan pengaruh terhadap Hasil Belajar Menulis karangan Siswa Kelas IV SDN 025 Rappang Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 May 2023 06:02 |
Last Modified: | 24 May 2023 06:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29098 |
Actions (login required)
View Item |