PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPEL TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN 025 RAPPANG KECAMATAN TAPANGO KABUPATEN POLEWALI MANDAR

NURFADILLAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPEL TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN 025 RAPPANG KECAMATAN TAPANGO KABUPATEN POLEWALI MANDAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (6MB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV dan BAB V.docx

Download (69kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 025 Rappang Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 025 Rappang Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 025 Rappang Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experiment, dengan design penelitian one-grup pretest-posttest design. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas Model Pembelajaran Example Non Example dan variabel terikat hasil belajar menulis karangan deskripsi. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 025 Rappang Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar dan tehnik sampling yang digunakan purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 025 Rappang Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil thitung > ttabel (10,408 > 1,703), hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 025 Rappang Kecamatan Tapango Kabupten Polewali Mandar. Kesimpulan penelitian ini adalah Model Pembelajaran Example Non Example memberikan pengaruh terhadap Hasil Belajar Menulis karangan Siswa Kelas IV SDN 025 Rappang Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 06:02
Last Modified: 24 May 2023 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29098

Actions (login required)

View Item View Item