PENERAPAN STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING (SAMBT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN INTERPRETATIF SISWA KELAS IV SD NEGERI SUDIRMAN III KOTA MAKASSAR

AMRIANI (2023) PENERAPAN STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING (SAMBT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN INTERPRETATIF SISWA KELAS IV SD NEGERI SUDIRMAN III KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul v.docx

Download (15kB)
[img] Text
SAMPUL dkk.docx

Download (46kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji proses pembelajaran keterampilan membaca siswa kelas IV SD negeri sudirman. Rumusan masalah yakni bagaimana penerapan strategi aktivitas membaca berfikir terbimbing (SAMBT) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman interpretatif siswa kelas IV SD Negeri Sudirman III kota makassar?. Tujuan penelitian yakni mendeskripsikan penerapan strategi aktivitas membaca berfikir terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri Sudirman III. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan II siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yaitu proses penerapan model pembelajaran SAMBT dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca siswa. Subjek penelitian yaitu 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan serta 1 orang Guru. Teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif deskriptif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada proses pembelajaran pada siklus I masih meunjukkan kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula pada proses pembelajaran siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya keterampilan membaca berfikir terbimbing siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dari tidak tuntas dan berada pada kategori cukup (C) pada siklus I dan menjadi tuntas pada siklus II dengan kategori baik (B) Dengan demikian penerapan model pembelajaran SAMBT dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Sudirman III Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 06:29
Last Modified: 23 May 2023 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29069

Actions (login required)

View Item View Item