PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 52 PUDE KECAMATAN SINJAI SELATAN KABUPATEN SINJAI

SUANDI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 52 PUDE KECAMATAN SINJAI SELATAN KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (IWA).docx

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV, V, LAMPIRAN & DOKUMENTASI.docx

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa V SD Negeri 52 Pude Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Adapun rumusan masalah adalah: (1) Bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SD Negeri 52 Pude dapat meningkat? (2) Bagaimanakah hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SD Negeri 52 Pude dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SD Negeri 52 Pude Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan hasil belajar IPS siswa. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa kelas V yang berjumlah 20 orang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Dilihat dari siklus I, aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Hal ini menunjukkan ketuntasan hasil belajar telah tercapai sehingga menghasilkan peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 52 Pude Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 05:34
Last Modified: 23 May 2023 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29053

Actions (login required)

View Item View Item