PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 4 MAN PINRANG PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Reni, Reni (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 4 MAN PINRANG PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. S2 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ARTIKEL RENI.docx

Download (70kB)

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar berbasis CBL pada materi sistem reproduksi manusia, (2) memperoleh data validitas dan efektifitas bahan ajar berbasis CBL pada materi sistem reproduksi manusia, dan (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah dibelajarkan menggunakan bahan ajar berbasis CBL pada materi sistem reproduksi manusia. Desain pengembangan yang digunakan pada penelitian mengacu pada model pengembangan 4D Thiagarajan,dkk yang terdiri atas 4 tahapan yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate) dengan produk bahan ajar berupa Buku Siswa berbasis CBL dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis CBL. Dari hasil penelitian diperoleh; (1) bahan ajar berbasis CBL yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata total untuk semua indikator penilaian adalah V=100%. Kevalidan bahan ajar dinyatakan pada tingkat “relevansi kuat” dengan koefisien validitas isi lebih dari 0,75 atau V> 75% dari nilai ideal 100%, (2) bahan ajar berbasis CBL memenuhi kriteria efektif berdasarkan (i) peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 17,31 dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 60,13 dan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 77,44. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar terdapat 89,47% dari subjek penelitian mencapai tingkat penguasaan materi minimal; (ii) aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II; dan (iii) hasil respons siswa terhadap buku siswa dengan persentase rata-rata respon positif sebesar 97,37% dan respon terhadap LKS dengan persentase rata-rata respon positif sebesar 91,58%, (3) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA4 MAN Pinrang setelah dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar berbasis CBL mengalami peningkatan sebesar 18,34 dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 61,05 dan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 75,39 Kata Kunci: Challenge Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Biologi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Oct 2017 06:39
Last Modified: 03 Oct 2017 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2904

Actions (login required)

View Item View Item