PENERAPAN TEKNIK DIALOG SOCRATES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI MAKASSAR

FADILLA SALSABILA (2023) PENERAPAN TEKNIK DIALOG SOCRATES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Ilmiah Skripsi Fadilla Salsabila (1844041005) 2.docx

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan teknik dialog socrates untuk meingkatkan kemampuan pemecahan masalah Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 16 Makassar. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui gambaran tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII di SMP 16 Makassar. (2) Mengetahui gambaran pelaksanaan teknik Dialog Socrates terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Makassar. (3) Mengetahui apakah penerapan teknik Dialog Socrates dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Makassar. Pendekatan Penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimen dan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah 48 Siswa kelas VIII dan sampel dalam penelitian ini yaitu 12 siswa kelas VIII. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala problem solving Happner and Petersen dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kemampuan pemecahan masalah Siswa sebelum diberikan teknik Dialog Socrates berada pada kategori rendah yaitu dengan hasil rata-rata 50.50 pada kelompok eksperimen dan 53.33 pada kelompok kontrol. (2) penerapan teknik Dialog Socrates dilakukan sesuai dengan skenario dengan 3 kali pertemuan untuk penerapan teknik dan 1 pertemuan untuk pengisian soal pretest. (3) Penerapan teknik Dialog Socrates dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Makassar diperoleh dari hasil uji T dengan nilai sig 0,004. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Dialog Socrates

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 01:55
Last Modified: 23 May 2023 01:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29030

Actions (login required)

View Item View Item