PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS,MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WATAMPONE KABUPATEN BONE

St.Saniah, St.Saniah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS,MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WATAMPONE KABUPATEN BONE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(14) JURNAL ST.SANIAH.docx

Download (54kB)

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap aktivitas, motivasi, dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII K SMP Negeri 1 Watampone.Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yaitu One-Group Pretest-Posttest Design, dimana perlakuan diberikan pada satu kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Watampone Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone. Waktu penelitian dilaksanakan mulai April 2016 sampai Mei 2016. Kelas yang terpilih melalui undian adalah kelas VII K yang berjumlah 25 orang.Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa yaitu motivasi siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing 100 % berada pada kategori tinggi dan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing 56 % berada pada kategori tinggi yaitu 14 orang dan 36 % berada pada kategori sangat tinggi yaitu 9 orang , sehingga tidak ada lagi siswa yang berada pada kategoti rendah dan sangat rendah.Begitu juga dengan aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik. Kata Kunci:Inkuiri Terbimbing, Aktivitas, Motivasi, danHasil Belajar IPA.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2017 07:26
Last Modified: 06 Sep 2017 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2814

Actions (login required)

View Item View Item