PROFIL BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Achmad, Fadillah Anriani (2016) PROFIL BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (261kB)

ABSTRAK Berpikir kreatif adalah salah satu proses kognitif yang dapat membantu siswa mempelajari matematika. Gambaran proses berpikir kreatif siswa dapat dilihat dari aktivitas siswa menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan profil berpikir kreatif matematis siswa dengan gaya kognitif FI dan FD dalam menyelesaikan masalah open-ended. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang dibantu dengan pedoman wawancara serta tugas masalah open-ended. Data dikumpulkan melalui pemberian wawancara berbasis tugas kepada dua siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Pangkajene, yang terdiri dari satu siswa FI (SFI) dan satu siswa FD (SFD). Hasil penelitian menunjukkan: 1) SFI dan SFD melalui keempat tahapan berpikir kreatif, yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi; 2) proses berpikir kreatif SFI dan SFD pada tahapan inkubasi, iluminasi, dan verifikasi cenderung sama; 3) perbedaan proses berpikir SFI dan SFD ditunjukkan pada tahap persiapan dimana SFD lebih baik dalam usaha memahami soal; 4) dari segi produk, cara dan jawaban yang dihasilkan SFD lebih beragam dibandingkan SFI. Kata Kunci: berpikir kreatif, gaya kognitif, masalah open-ended

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2017 06:49
Last Modified: 06 Sep 2017 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2805

Actions (login required)

View Item View Item