UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR PENGUKURAN MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PESERTA DIDIK KELAS X.E SMA NEGERI 1 LAMASI

Novitasari1, Dian (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR PENGUKURAN MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PESERTA DIDIK KELAS X.E SMA NEGERI 1 LAMASI. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL TESIS.docx

Download (458kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan dasar pengukuran peserta didik. Subyek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas X.E SMA Negeri 1 Lamasi semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan dasar pengukuran peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari indicator keterampilan dasar peserta didik, seperti: 1) Peserta didik mengkalibrasi pada siklus 1 sebesar 63.19% menjadi 86.80% pada siklus II, 2) Peserta didik menentukan nilai skala terkecil dari siklus I sebesar 65,51% mengalami peningkatan menjadi 89.58% pada siklus II, 3) Peserta didik mengamati pada siklus I 72.91% menjadi 95.17%. Kata Kunci : Pembelajaran langsung, Keterampilan dasar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Sep 2017 07:37
Last Modified: 05 Sep 2017 07:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item View Item