RAHIM, ABDUL (2016) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VIIMTs Muhammadiyah Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
BAB I.docx Download (48kB) |
Abstract
ABSTRAK . (dibimbingoleh Abdul Rahmandan Asdar). Kontekspendidikan, matematikamerupakansalahsatukomponendariserangkaianmatapelajaran yang mempunyaiperananpenting.Matematikasangatdiperlukansebagaialatdalampengembanganteknologidanindustri.Dalamsains (fisika, kimia, ekonomidansebagainya) matematikadigunakansebagaialatbantudandasarlogikapenalaran, sehinggatidakherankalaumatematikadiberikan di hampirsemuajenjangpendidikanbahkandiujikansecaranasionalpadasetiapakhirjenjangpendidikan. Akan tetapisampaisaatinikondisipembelajaranmatematikamemangbelumseperti yang diharapkan, kritikdansorotanmasihdikemukakan, antara lain rendahnyakualitaspembelajaranmatematika. Oleh karena itu, maka yang menjaditelaahutamadalampenelitianiniadalah “PengembanganDesainPembelajaranBerbasisProyekdenganPendekatanMatematikaRealistik yang valid, praktisdanefektif. Tujuan penelitian ini adalah untukmenghasilkandesainpembelajaranberbasisproyekdenganpendekatanmatematikarealistik yang memenuhikriteriakevalidan, kepraktisandankeefektifan. Penelitianinibertujuanuntukmendesainpembelajaran, dalamhaliniperangkat yang digunakandengan model pembelajaranberbasis proyekpadapokokbahasanaritmatika sosial yang meliputiRencanaPelaksanaanPembelajaran, BukuSiswa, danLembarKerjaSiswa. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas VIIAMTs Muhammadiyah Bulukumbadenganjumlahsiswasebanyak25 orang. Prosedurdesain yang digunakandalampenelitianiniadalahmenggunakansiklus Mc. Kenney yang dipadukandengan model Dick & Carey yang meliputi 3 tahap, yaitu Preliminary design, Prototyping phase, danAssessment phase. Perangkatpembelajaranyang telahdidesaintelahdivalidasidandirevisisehinggalayakuntukdigunakan. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa darikemampuan guru dalammengelolapembelajarandanaktivitassiswadalamkategoribaik, responsiswapadaumumnyadalamkategoripositifdanhasilbelajarsiswaberada diatas KKM.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa proses danhasildesainpembelajaranaritmatika sosialmelaluipembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan matematika realistik di kelasVIIAMTs Muhammadiyah Bulukumbaberkualitas. Implikasidaripenelitianini, disarankankepada guru matematikaSMP kelas VIIuntukmengimplementasikandesainpembelajaraninipadalingkup yang lebihluas, desainpembelajaraninidapatmenjadipanduanataucontohbagi guru matematikadalammembuatdesainpembelajaranpadamateri yang lain danbagipeneliti di bidangpendidikanmatematika yang berminatmelanjutkanpenelitianinidiharapkan agar mencermatisegalakelemahandanketerbatasanpenelitianini, sehinggapenelitian yang dilakukanbetul-betuldapatmenyempurnakanhasilpenelitianini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 29 Aug 2017 03:13 |
Last Modified: | 29 Aug 2017 03:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2751 |
Actions (login required)
View Item |