Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VIIMTs Muhammadiyah Bulukumba

RAHIM, ABDUL (2016) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VIIMTs Muhammadiyah Bulukumba. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (48kB)

ABSTRAK . (dibimbingoleh Abdul Rahmandan Asdar). Kontekspendidikan, matematikamerupakansalahsatukomponendariserangkaianmatapelajaran yang mempunyaiperananpenting.Matematikasangatdiperlukansebagaialatdalampengembanganteknologidanindustri.Dalamsains (fisika, kimia, ekonomidansebagainya) matematikadigunakansebagaialatbantudandasarlogikapenalaran, sehinggatidakherankalaumatematikadiberikan di hampirsemuajenjangpendidikanbahkandiujikansecaranasionalpadasetiapakhirjenjangpendidikan. Akan tetapisampaisaatinikondisipembelajaranmatematikamemangbelumseperti yang diharapkan, kritikdansorotanmasihdikemukakan, antara lain rendahnyakualitaspembelajaranmatematika. Oleh karena itu, maka yang menjaditelaahutamadalampenelitianiniadalah “PengembanganDesainPembelajaranBerbasisProyekdenganPendekatanMatematikaRealistik yang valid, praktisdanefektif. Tujuan penelitian ini adalah untukmenghasilkandesainpembelajaranberbasisproyekdenganpendekatanmatematikarealistik yang memenuhikriteriakevalidan, kepraktisandankeefektifan. Penelitianinibertujuanuntukmendesainpembelajaran, dalamhaliniperangkat yang digunakandengan model pembelajaranberbasis proyekpadapokokbahasanaritmatika sosial yang meliputiRencanaPelaksanaanPembelajaran, BukuSiswa, danLembarKerjaSiswa. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas VIIAMTs Muhammadiyah Bulukumbadenganjumlahsiswasebanyak25 orang. Prosedurdesain yang digunakandalampenelitianiniadalahmenggunakansiklus Mc. Kenney yang dipadukandengan model Dick & Carey yang meliputi 3 tahap, yaitu Preliminary design, Prototyping phase, danAssessment phase. Perangkatpembelajaranyang telahdidesaintelahdivalidasidandirevisisehinggalayakuntukdigunakan. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa darikemampuan guru dalammengelolapembelajarandanaktivitassiswadalamkategoribaik, responsiswapadaumumnyadalamkategoripositifdanhasilbelajarsiswaberada diatas KKM.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa proses danhasildesainpembelajaranaritmatika sosialmelaluipembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan matematika realistik di kelasVIIAMTs Muhammadiyah Bulukumbaberkualitas. Implikasidaripenelitianini, disarankankepada guru matematikaSMP kelas VIIuntukmengimplementasikandesainpembelajaraninipadalingkup yang lebihluas, desainpembelajaraninidapatmenjadipanduanataucontohbagi guru matematikadalammembuatdesainpembelajaranpadamateri yang lain danbagipeneliti di bidangpendidikanmatematika yang berminatmelanjutkanpenelitianinidiharapkan agar mencermatisegalakelemahandanketerbatasanpenelitianini, sehinggapenelitian yang dilakukanbetul-betuldapatmenyempurnakanhasilpenelitianini.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2017 03:13
Last Modified: 29 Aug 2017 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2751

Actions (login required)

View Item View Item