NAJLAH (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI BERMAIN PERAN MAKRO PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AL HASYIM KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL.rtf Download (10MB) |
|
Text
2. sampul dalam.docx Download (43kB) |
|
Text
6. MOTO.docx Download (15kB) |
|
Text
5..surat keaslian skripsi.docx Download (16kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
8. PRAKATA.docx Download (31kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.docx Download (22kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.docx Download (15kB) |
|
Text
12. DAFTAR TABEL.docx Download (11kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (17kB) |
|
Text
13. BAB 1-5.docx Download (162kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.docx Download (12kB) |
|
Text
16. Lampiran I kisi kisi benar.docx Download (52kB) |
|
Text
28. Skenario bermain peran makro pertemuan II.docx Download (25kB) |
|
Text
27. DOKUMENTASI.docx Download (369kB) |
|
Text
32. RIWAYAT HIDUP.docx Download (41kB) |
Abstract
NAJLAH, 2019. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bermain Peran Makro Pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al Hasyim Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Herman, S.Pd, M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan bahasa ekspresif anak dapat ditingkatkan melalui penerapan bermain peran makro pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Al Hasyim Kota Makassar? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan bahasa ekspresif anak dapat ditingkatkan melalui bermain peran makro pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Al Hasyim Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif. dengan Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari yang terdiri dari 4 komponen setiap siklus yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan bahasa eksprsif anak, dan bermain peran makro. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian di analisis secara kualitatif melalui tahap mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian observasi guru siklus I berada pada kategori kurang dan siklus II berada pada kategori baik. Hasil observasi anak pada siklus I menunjukkan anak mampu berkomunikasi/berbicara secara lisan dengan lafal yang benar dan anak mampu mengajukan dan menjawab pertanyaan secara tepat sesuai dengan kondisi berada pada kategori mulai berkembang. Hasil penelitian observasi anak siklus II menunjukkan anak mampu berkomunikasi/berbicara secara lisan dengan lafal yang benar dan anak mampu mengajukan dan menjawab pertanyaan secara tepat sesuai dengan kondisi berada pada kategori berkembang sesuai harapan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 02:06 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 02:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27081 |
Actions (login required)
View Item |