PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH UJUNG TANAH MAKASSAR

MARIA ULFAH (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH UJUNG TANAH MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Lengkap.docx

Download (96kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (101kB)
[img] Text
KISI-KISI.docx

Download (58kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (32kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIA2.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (46kB)

Abstract

MARIA ULFAH, 2015Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Dengan Menggunakan Kartu Angka di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ujung Tanah Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Muhammad Akil Musi, S.Pd., M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ujung Tanah Makassar?, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ujung Tanah Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ujung Tanah Makassar. Subjek penelitian ini adalah kelompok A sebanyak 16 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ujung Tanah Makassar dalam hal membilang dengan menunjuk benda (kemampuan berhitung permulaan dengan benda-benda) sampai 10 dan menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit. Penggunaan kartu angka ditempuh guru dengan cara menyiapkan kartu angka, menjelaskan penggunaan kartu angka, menghitung jumlah yang diambil dan mencari kartu angka. Pada siklus I masih terdapat kekurangan-kekurangan, diantaranya pada saat kegiatan guru tidak memberi kesempatan kepada semua anak untuk mencoba bermain mencari kartu angka yang sesuai dengan jumlah gambar sementara anak kurang memperhatikan penjelasan guru. Pada tindakan siklus II kemampuan berhitung anak sudah mengalami perkembangan, dimana kekurangan-kekurangan yang terjadi pada siklus I sudah dapat diperbaiki. Guru sudah memberi kesempatan kepada semua anak untuk mencoba bermain mencari kartu angka yang sesuai dengan jumlah gambar dan melanjutkan sampai semua anak mendapat kesempatan. Dari 15 orang anak yang diteliti pada siklus II tidak ada lagi anak yang memperoleh nilai kategori kurang. Dengan demikian kemampuan berhitung anak melalui penggunaan media kartu angka di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ujung Tanah Makassar dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:54
Last Modified: 07 Feb 2023 01:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27080

Actions (login required)

View Item View Item