MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK MELALUI KARTU ANGKA BERGAMBARDI TAMAN KANAK-KANAK ASIANA KOTA MAKASSAR

YULIANA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK MELALUI KARTU ANGKA BERGAMBARDI TAMAN KANAK-KANAK ASIANA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul SkrIpsi.docx

Download (40kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (50kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
PERNYATAAN DAN ABSTRAK.docx

Download (23kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (179kB)
[img] Text
RKH PENELITIAN SKRIPSI.docx

Download (40kB)
[img] Text
FOTO DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP YHUNA.docx

Download (46kB)

Abstract

YULIANA. 2018. Skripsi. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Melalui Bermain Kartu Angka Bergambar di Taman Kanak-Kanak Asiana Kota Makassar. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd, dan Dr. Parwoto, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak melalui bermain kartu angka bergambar pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Asiana Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak melalui bermain kartu angka bergambar di Taman Kanak-kanak Asiana Kota Makassar. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Tekhnik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Teknik dengan analisis data deskriptif. Fokus penelitian adalah penerapan permainan kartu angka pada proses pembelajaran, kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak dengan indikator, 1) anak mampu membilang dengan menunjuk benda 1-10, 2) memasangkan lambang bilangan dengan gambar benda pada kartu 1-10.Yang menjadi sarana penelitian adalah 15 anak dan 1 orang guru. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pertemuan I dari hasil Observasi anak didik dengan Indikator membilang dengan menunjuk benda 1-10 dari 15 anak yang hadir, 8 anak berada pada kategori Belum Berkembang (BB) dan 7 anak didik berada pada kategori Mulai Berkembang (MB), sedangkan pada Siklus I Pertemuan ke II, dengan indikator Anak mampu memasangkan lambang bilang an dengan benda-benda 1-10, 6 anak didik berada pada kategori Belum Berkembang (BB), 6 anak didik berada pada kategori Mulai Berkembang (MB) dan 3 anak didik berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sedangkan hasil observasi pada Siklus II pertemuan I dengan indicator membilang dengan menunjuk benda 1-10 , 4 anak didik berada pada kategori Mulai Berkembang (MB), 3 anak didik berada pada kategori Berkembang sesuai harapan, dan 8 anak didik berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), sedangkan pada Siklus II Pertemuan II, dengan indicator Anak mampu memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda 1-10, 1 anak didik berda pada kategori Mulai Berkembang (MB), 2 anak didik berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 12 anak didik berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak meningkat dengan kegiatan bermain kartu angka bergambar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:26
Last Modified: 02 Feb 2023 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26990

Actions (login required)

View Item View Item