PENERAPAN SENAM IRAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL IV ANTANGKECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

Irwana. (2023) PENERAPAN SENAM IRAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL IV ANTANGKECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1.docx

Download (55kB)
[img] Text
2.docx

Download (178kB)
[img] Text
3.docx

Download (2MB)
[img] Text
4.docx

Download (26kB)

Abstract

Irwana. 2018. “Penerapan Senam Irama Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik kasar Anak di Kelomok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal IV Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar”. Skripsi ini di bimbing oleh Dr. Muhammad Akil Musi, S. Pd., M. Pd dan Hajerah, S. Pd. I., M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan senam irama dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal IV Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningjtakan kemampuan motorik kasar anak kelompok B melalui senam irama di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal IV Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus sebanyak dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal IV Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar yang berjumlah lima belas anak. Metode yang digunakan umtuk mengumpulkan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa senam irama dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal IV Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar. Keterampilan motorik kasar yang dapat ditingkatkan meliputi gerakan lokomotor, nonlokomotor, keseimbangan dan kelenturan. Hal tersebut dilihat dari observasi motorik kasar anak kelompok B pada siklus I mencapai 70,63% dan meningkat pada siklus II mencapai 81,44%.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:01
Last Modified: 02 Feb 2023 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26977

Actions (login required)

View Item View Item