MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI BERMAIN KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK KARTIKA IX-5 KOSTRAD KECAMATAN TANRALILI KABUPATEN MAROS

ELPI LATIF (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI BERMAIN KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK KARTIKA IX-5 KOSTRAD KECAMATAN TANRALILI KABUPATEN MAROS.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (29kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (29kB)
[img] Text
4. MOTTO.docx

Download (14kB)
[img] Text
3. PERYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (18kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
6. PRAKATA.docx

Download (19kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
8. BAB I-III.docx

Download (66kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
11. lember observasi guru.docx

Download (30kB)
[img] Text
13. SKENARIO PENELITIAN ELPI.docx

Download (3MB)
[img] Text
14. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (176kB)

Abstract

Elpi Latif 2018. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalaui Kartu Kata Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kartika IX-5 Kostrad Kabupaten Maros Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Rusmayadi, S.Pd M.Pd. dan Arifin Manggau, S.Pd., M.Pd. Pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak melalui pennggunaan kartu kata pada anak kelompok kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kartika IX-5 Kostrad Kabupaten Maros. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil membaca permulaan melalui penggunaan kartu kata pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kartika IX-5 Kostrad Kabupaten Maros Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah penggunaan kartu kata sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah anak sebanyak 15 anak yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan serta 1 orang guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan lembar ceklis. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca permulaan pada anak mengalami peningkatan, hal tersebut terlihat dari hasil observasi pada siklus I dengan hasil 64% di kategori baik sementara pada siklus II dengan hasil 87% di kategori baik sekali. Hal ini karena perlakuan yang didapatkan oleh anak saat penggunaan media kartu kata yang membantu dalam proses pembelajaran membaca permulaan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kartika IX-5 Kostrad Kabupaten Maros

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Feb 2023 05:30
Last Modified: 01 Feb 2023 05:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26948

Actions (login required)

View Item View Item