PENGARUH KEGIATAN BERMAIN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD TERPADU AL-AHDA TAROADA KABUPATEN MAROS

SATRIANI (2023) PENGARUH KEGIATAN BERMAIN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD TERPADU AL-AHDA TAROADA KABUPATEN MAROS.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (44kB)
[img] Text
kta pngantar dkk.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB I,2,3,4,5.docx

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
24. Riwayat hidup penulis.rtf

Download (12MB)

Abstract

Satriani, 1349040011. 2017. Pengaruh Kegiatan Bermain Puzzle terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Kelompok A di PAUD Terpadu Al-Ahda Taroada Kab. Maros. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Arifin Manggau S.Pd.,M.Pd. dan Dra. Sri Sofiani. M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana gambaran kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A sebelum dan sesudah perlakuan berupa kegiatan bermain Puzzle di PAUD Terpadu Al-Ahda Taroada Kab.Maros dan apakah ada pengaruh kegiatan bermain puzzel terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di PAUD Terpadu Al-Ahda Taroada Kab.Maros?”. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, “Untuk mengetahui gambaran kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A sebelum dan sesudah perlakuan berupa kegiatan bermain puzzle di PAUD Terpadu Al-Ahda Taroada Kab. Maros dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kegiatan bermain Puzzle terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di PAUD Terpadu Al-Ahda Taroada Kab. Maros. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design dengan jumlah populasi penelitian 13 dan tidak menentukan sampel karena jumlah populasi yang kecil. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan teknik observasi dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan yaitu perencanaan, pemberian pretest, pemberian perlakuan (treatment), pemberian postest dan analisis hasil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik non-parametrik dengan menggunakan analisis uji beda Wilcoxon. hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan mengenal lambang bilangan anak pada posttest dan pretest berbeda. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji beda Wilcoxon menunjukkan bahwa ada pengaruh kegiatan bermain puzzle terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di PAUD Terpadu Al-Ahda Taroada Kab. Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:12
Last Modified: 31 Jan 2023 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26919

Actions (login required)

View Item View Item