STRATEGI PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-HIDAYAH HARTACO INDAH

RESKI ARIFUDDIN (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-HIDAYAH HARTACO INDAH.

[img] Text
sampul 2.docx

Download (1MB)
[img] Text
PERSETUJUAN UJIAN HASIL.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (114kB)
[img] Text
lampiran 4Pedoman Observasi Kegiatan Guru.docx

Download (15kB)
[img] Text
LAMPIRAN 5 HASIL WAWANCARA GURU.docx

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN 6.docx OBSERVASI ANK.docx

Download (55kB)
[img] Text
lampiran 7HASIL OBSERVASI KEGIATAN GURU.docx

Download (23kB)
[img] Text
Lampiran 8.docx

Download (60kB)
[img] Text
lampiran 9.docx

Download (1MB)

Abstract

RESKI ARIFUDDIN. 2017. Strategi Pengembangan Motorik Kasar Aank Melalui Kegiatan Gerak dan Lagu Pada Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Hidayah Hartaco Indah. Skripsi. Dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd.,M.Pd dan Dr. Kartini Marzuki, M.Si. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang strategi pengembangan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu pada kelompok B di TK Islam Al-Hidayah Hartaco Indah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah deskripsi kemampuan motorik kasar anak pada kelompok B di TK Islam Al-Hidayah Hartaco Indah dan bagaimanakah strategi pengembangan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu pada kelompok B di TK Islam Al-Hidayah Hartaco Indah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui deskripsi kemampuan motorik kasar anak pada kelompok B di TK Islam Al-Hidayah Hartaco Indah dan untuk mengetahui strategi pengembangan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu pada kelompok B di TK Islam Al-Hidayah Hartaco Indah. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dangan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu anak kelompok B2 dengan jumlah anak didik sebanyak 17 anak yang terdiri dari 7 laki-laki dan 10 perempuan dan 3 orang guru kelas B. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya diolah dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilalukan menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak pada kelompok B melalui kegiatan gerak dan lagu di TK Islam Al-Hidayah Hartaco Indah sudah diterapkan dengan sangat baik dan kemampuan motorik kasar anak pada kelompok B mengalami perkembangan setiap minggunya yang terlihat sejak observasi dilakukan sampai pada akhir observasi selesai yaitu melalui kegiatan gerak dan lagu pada kelompok B di TK Islam Al-Hidayah Hartaco Indah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:35
Last Modified: 31 Jan 2023 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26916

Actions (login required)

View Item View Item