PENGARUH KEGIATAN PENCAMPURAN WARNA TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK USIA 5-6 TAHUNDITAMAN KANAK-KANAK PAUD TERPADU TERATAIUNM KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NURIYANI RAHMAN (2023) PENGARUH KEGIATAN PENCAMPURAN WARNA TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK USIA 5-6 TAHUNDITAMAN KANAK-KANAK PAUD TERPADU TERATAIUNM KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL1 DAN 2.docx

Download (26kB)
[img] Text
keaslian,motto,abstrak,prekata okok nuri.docx

Download (35kB)
[img] Text
lengkappp 1 2 3 4 5.docx

Download (107kB)
[img] Text
sebelum perlakuan penilaian ok.docx

Download (55kB)
[img] Text
sesudah perlakuan penilaian okk.docx

Download (48kB)
[img] Text
dokumentasi ok.docx

Download (15MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP ok.docx

Download (42kB)

Abstract

Nuriyani Rahman, 2017. Pengaruh Kegiatan Pencampuran warna Terhadap Kegiatan Kemampuan Sains Anak Kelompok Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak PAUD Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd. selaku pembimbing I dan Hajerah, S.Pd.I., M.Pd. selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana gambaran kemampuan sains anak kelompok usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak PAUD Terpadu Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa kegiatan pencampuran warna dan apakah ada pengaruh kegiatan pencampuran warna terhadap kemampuan sains anak kelompok usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Paud terpadu teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan sains anak kelompok usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak PAUD Terpadu Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan kegiatan pencampuran warna dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kegiatan pencampuran warna terhadap kemampuan sains anak kelompok usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak PAUD Terpadu Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah peserta didik berjumlah 63 peserta didik di Taman Kanak-kanak PAUD Terpadu Teratai Universitas Negeri Makassar dan sampel yang digunakan adalah kelompok B4 yang berjumlah 15 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan uji beda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara sebelum kegiatan pencampuran dan setelah kegiatan pencampuran warna, melakukan kegiatan pencampuran warna dengan nilai Z ( 3,41) ≥ Zα/2 (0,08) dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh kegiatan pencampuran warna terhadap kemampuan sains anak kelompok usia 5-6 Tahun Taman Kanak-kanak PAUD Terpadu Teratai Universitas Negeri Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:01
Last Modified: 31 Jan 2023 01:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26903

Actions (login required)

View Item View Item