PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBASIS ALAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SAINS ANAKDI TAMAN KANAK-KANAK MINASAUPA KOTA MAKASSAR

ALKIFRAH DANIYAL.HF (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBASIS ALAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SAINS ANAKDI TAMAN KANAK-KANAK MINASAUPA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (37kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (55kB)
[img] Text
01.docx

Download (23kB)
[img] Text
02.docx

Download (37kB)
[img] Text
03.docx

Download (30kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (25kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

Alkifrah Daniyal.Hf. 2016. Pengaruh Penerapan Model Quantum Learning Berbasis Alam Terhadap Kemampuan Berpikir Sains Anak Di Taman Kanak-Kanak Minasaupa Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh bapak Dr. Parwoto, M.Pd dan ibu Dra. Sitti Habibah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan sains anak. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran lebih cenderung menggunakan metode konvensional sehingga anak kurang terlibat secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.Adapun pemilihan model Quantum Learning berbasis Alam agar anak dapat aktif, bereksplorasi untuk menyimpulkan sendiri apa yang sedang dipelajarinya dengan terlibat langsung dalam proses pembelajaran sains. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir sains anak kelompok B Taman Kanak-kanak Minasaupa yang diberikan perlakuan berupa Model Quantum Learning berbasis Alam untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Minasaupa, sedangkan sampel penelitian adalah kelompok B2 berjumlah 10 anak. Teknik Pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t (Separated Varian) seperti yang terdapat pada lampiran, diperoleh t_hitung = 4,46 dengan harga t_(tabel=) 1,734 dan harga dk = 18 dan taraf signifikansi α = 0,05. Sehingga jika dibandingkan harga t_hitung = 4,46 > harga t_(tabel=) 1,734. Data ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara dua kelompok yang diuji. Data perbedaan ini selanjutnya diuji dengan membandingkan rata-rata kedua kelompok perlakuan. Untuk kelompok Quantum Learning berbasis alam rata-ratanya adalah 16,50 sedangkan untuk kelompok konvensional rata-ratanya adalah 13,60 sehingga jika di bandingkan rata-rata dua kelompok tersebut 16,50 > 13,60. Jadi H1diterima artinya ada pengaruh penerapan model Quantum Learning berbasis Alam terhadap kemampuan berpikir sains anak kelompok B Taman Kanak-kanak Minasaupa kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:37
Last Modified: 27 Jan 2023 03:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26848

Actions (login required)

View Item View Item