Peningkatan Kemampuan Kinestetik Fisik Motorik Anak melalui Tari Tradisional Pakkarena di Taman Kanak – Kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar.

St. Nur Aisyah (2023) Peningkatan Kemampuan Kinestetik Fisik Motorik Anak melalui Tari Tradisional Pakkarena di Taman Kanak – Kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
SAMPUL judul.docx

Download (24kB)
[img] Text
abstrak Baru.rtf

Download (118kB)
[img] Text
bab I.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (61kB)
[img] Text
bab III.docx

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
KISI instrumen.docx

Download (15kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI ANAK 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
Lembar Observasi Guru 1.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lembar Observasi Guru.docx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP 1.docx

Download (37kB)

Abstract

St. Nur Aisyah. 2016. Peningkatan Kemampuan Kinestetik Fisik Motorik Anak melalui Tari Tradisional Pakkarena di Taman Kanak – Kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Kartini Marzuki, M.Si selaku pembimbing pertama dan Dr. Muhammad Akil Musi.,S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing kedua. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dari penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan kemampuan kinestetik fisik motorik anak melalui tari tradisional di kelompok B TK Asyiyah Maccini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan kinestetik fisik motorik anak melalui tari tradisional di kelompok B TK Asyiyah Maccini Kota Makassar. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Fokus penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan kinestetik fisik motorik anak melalui kegiatan menari. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B2 dengan jumlah anak didik sebanyak 15 orang, terdiri dari 5 laki-laki dan 10 perempuan serta 1 guru. Pelaksanaan tindakan terdiri dari tiga siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil pada siklus I peningkatan kemampuan kinestetik fisik motorik anak didik melalui kegiatan menari masih berada pada kategori kurang, siklus II menunjukkan kategori cukup dan siklus III peningkatan pemampuan fisik kinestetik anak didik melalui kegiatan menari menunjukkan peningkatan dengan kategori baik. Dengan demikian kegiatan menari efektif digunakan dalam peningkatkan kemampuan kinestetik fisik motorik anak melalui tari tradisional di kelompok B TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:21
Last Modified: 26 Jan 2023 08:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26826

Actions (login required)

View Item View Item