PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DI TK AISYIYAH PARANG LAYANG MAKASSAR

DIAN FADILA RUSDIN (2023) PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DI TK AISYIYAH PARANG LAYANG MAKASSAR.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (40kB)
[img] Text
halaman sampul,dll.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (51kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (138kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (91kB)
[img] Text
daftar pustaka.doc

Download (47kB)
[img] Text
LAMPIRAN.doc

Download (4MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)

Abstract

Dian Fadila Rusdin. 2016. Pengaruh Metode Bercerita dengan Film Animasi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Di TK Aisyiyah Parang Layang Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Dra. Sitti Habibah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran kemampuan berbicara anak di TK Aisyiyah Parang Layang sebelum dan setelah penerapan metode bercerita dengan film animasi dan apakah ada pengaruh penerapan metode bercerita dengan film animasi terhadap kemampuan berbicara anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan berbicara anak sebelum dan setelah penerapan metode bercerita dengan film animasi serta untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita dengan film animasi terhadap kemampuan berbicara anak. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Pre Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh anak didik TK Aisyiyah Parang Layang Makassar, sampel penelitian ini berjumlah 18 anak. Teknik Pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon. Nilai kemampuan berbicara anak sebelum diberikan perlakuan memiliki rata-rata yang lebih rendah daripada nilai rata-rata kemampuan berbicara anak setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai kemampuan berbicara anak sebelum dan setelah penerapan metode bercerita dengan film animasi diberikan. Hal ini merujuk pada nilai T hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai T tabel, maka H1 diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh penggunaan metode bercerita dengan film animasi terhdap kemampuan berbicara anak, sedangkan nilai Z hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai Z tabel maka H1 diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh penggunaan metode bercerita dengan film animasi terhadap kemampuan berbicara anak. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan metode bercerita dengan film animasi terhadap kemampuan berbicara anak di TK Aisyiyah Parang Layang Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:29
Last Modified: 26 Jan 2023 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26796

Actions (login required)

View Item View Item