PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN ORIGAMI DI TAMAN KANAK-KANAK NURUTTAQWA BAJIMINASA MAKASSAR

NURAENI K. (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN ORIGAMI DI TAMAN KANAK-KANAK NURUTTAQWA BAJIMINASA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (79kB)
[img] Text
Bab 1,2,3ok.docx

Download (96kB)
[img] Text
Lembar Observasi Kemampuan Berbicara Anak Siklus I Pertemuan I.docx

Download (46kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN edit akhir.docx

Download (38kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (1MB)

Abstract

Nuraeni K, 2016. Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Origami Di Taman Kanak-Kanak Nuruttaqwa Bajiminasa Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Syamsuardi S.Pd,M.Pd dan Dr. Muh Yusri Bachtiar ,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Origami Di Taman Kanak-Kanak Nuruttaqwa Bajiminasa Makassar.Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Jenis penelitiaan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 komponen dalam setiap siklus yaitu:Perencanaan,pelaksanaan,observasi, dan refleksi .Fokus penelitian ini adalah peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan kolase.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru serta anak kelompok B yang terdiri dari 12 anak didik. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi.Data analisis secara kualitatif melalui tahap penyilidikan,penyajian,dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh pada siklus pertama menunjukkan hasil penelitian belum dapat dikatakan berhasil karena anak belum pandai memilih bahan dan masih banyak ruang yang kosong pada pola gambar,sehingga hasil kolase kurang baik. Dan masih banyak anak yang berada pada kategori mulai berkembang.Hal ini disebabkan guru kurang memberi motivasi pada anak. Hasil penelitian siklus II menunjukkan pembelajaran meningkat,dimana guru memberi motivasi dan bimbingan sehingga pada umumnya anak dapat membuat kolase dengan lancar serta dengan tekun atau bersungguh - sungguh dalam membuat kolase.Dengan demikian kegiatan kolase dapat Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Origami Di Taman Kanak-Kanak Nuruttaqwa Bajiminasa Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:14
Last Modified: 25 Jan 2023 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26765

Actions (login required)

View Item View Item