MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI KEGIATAN MENCAMPUR WARNA KELOMPOK B TK AISYIYAH CABANG MIMBAR MAKASSAR

ROSPIA KADIR (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI KEGIATAN MENCAMPUR WARNA KELOMPOK B TK AISYIYAH CABANG MIMBAR MAKASSAR.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (83kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (32kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (48kB)
[img] Text
Bab 3.docx

Download (47kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (28kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.docx

Download (40kB)
[img] Text
Lampiran - Dokumentasi.docx

Download (175kB)

Abstract

Rospia Kadir, 2016. Meningkatkan Kemampuan Sains melalui Kegiatan Mencampur Warna Kelompok B TK Aisyiyah Cabang Mimbar Makassar. Skripsi dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Muhammad Akil Musi, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan kemampuan sains melalui kegiatan mencampur warna kelompok B TK Aisyiyah Cabang Mimbar Makassar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kemampuan sains melalui kegiatan mencampur warna kelompok B TK Aisyiyah Cabang Mimbar Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah mencampur warna dan kemampuan kemampuan sains. Penelitian ini dilaksanakan atas 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru serta anak kelompok B yang terdiri atas 15 anak didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai pada siklus I, pelaksanaan kegiatan mencampur warna belum terlaksana dengan baik sehingga saat melakukan pencampuran warna anak terkadang masih melihat warna yan dicampur oleh temannya. Hal ini menyebabkan kemampuan sains anak tidak meningkat. Pada siklus II, guru telah melaksanakan kegiatan dengan baik. Anak memahami dengan baik kegiatan yang harus dilakukan sehingga pada saat anak diminta untuk melakukan kegiatan mencampur warna, anak mampu mencampur warna secara mandiri dan mampu menghasilkan jenis warna yang baru yang disenangi. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan sains anak meningkat melalui kegiatan mencampur warna.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:48
Last Modified: 25 Jan 2023 03:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26760

Actions (login required)

View Item View Item