PENGEMBANGAN KEGIATAN BERMAIN TRADISIONAL AKDENDE-DENDE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DIDIK KELOMPOK B PADA TK. YAFQAEDA KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

HASMAWATY (2023) PENGEMBANGAN KEGIATAN BERMAIN TRADISIONAL AKDENDE-DENDE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DIDIK KELOMPOK B PADA TK. YAFQAEDA KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL PTK.docx

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.rtf

Download (63kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB IIku.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III HASMA.docx

Download (33kB)
[img] Text
OBSERVASI ANAK PER PERTEMUAN.rtf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK.rtf

Download (100kB)
[img] Text
foto penelitian.docx

Download (4MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.rtf

Download (1MB)

Abstract

HASMAWATY. 2016. Pengembangan Kegiatan Bermain Tradisional Akdende-dende untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Didik Kelompok B pada TK. Yafqaeda Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Azizah Amal, S.S.,M.Pd dan Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran motorik kasar melalui aktivitas bermain di TK. Yafqaeda Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan kegiatan bermain Akdende-dende untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak didik Kelompok B TK.Yafqaeda Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Jenis penelitian adalah pengembangan pembelajaran, yang terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan kegiatan pengembangan, observasi dan analisa hasil observasi. Pengamatan dilakukan terhadap kemampuan motorik kasar anak yang mencakup gerakan lokomotor (kemampuan anak berjalan sejauh ± 3 m dengan membawa beban berupa alat pakkambak permainan, melompat dengan satu kaki dengan dan tanpa melewati rintangan, melompat dengan dua kaki), kemampuan non lokomotor atau keseimbangan tubuh (berdiri dengan satu kaki sesaat sebelum melompat dan berdiri dengan satu kaki sambil mengambil alat pakkambak permainan), dan gerakan manipulatif (kemampuan anak dalam melempar dan melambungkan alat pakkambak permainan Akdende-dende). Indikator pencapaian perkembangan yang akan dicapai adalah anak melakukan berbagai gerakan terkoordinasi secara terkontrol, seimbang dan lincah. Kegiatan pengembangan dilakukan selama 5 (lima) kali pertemuan. Subyek penelitian adalah 12 anak didik kelompok B yang terdiri atas 5 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi (pengambilan gambar dan rekaman). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif (reduksi data, display data, dan verifikasi data). Hasil kegiatan pengembangan pembelajaran menunjukkan bahwa kegiatan bermain tradisional akdende-dende selama lima kali pertemuan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak baik kemampuan lokomotor, non lokomotor (keseimbangan tubuh) dan kemampuan manipulatif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:14
Last Modified: 24 Jan 2023 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26733

Actions (login required)

View Item View Item