PENGEMBANGAN METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK PADA TK AISYIYAH BALANG BODDON KOTA MAKASSAR

KAMARIA (2023) PENGEMBANGAN METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK PADA TK AISYIYAH BALANG BODDON KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL .docx

Download (1MB)
[img] Text
2. ISI SKRIPSI.docx

Download (76kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS MENGAJAR GURU.docx

Download (35kB)
[img] Text
RENCAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN.docx

Download (39kB)
[img] Text
FOTO UNTUK DIPRINT.docx

Download (2MB)

Abstract

KAMARIA. 2016. Pengembangan kegiatan bercerita dengan gambar untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak TK. Aisyiyah Balang Boddong Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd.,M.Pd dan Hajerah, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran bahasa terutama kemampuan menyimak melalui kegiatan bercerita pada TK. Aisyiyah Balang Boddong Kota Makassar belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan kegiatan bercerita dengan gambar untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak di TK. Aisyiyah Balang Boddong Kota Makassar. Jenis penelitian adalah pengembangan pembelajaran, yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan kegiatan pengembangan, observasi, dan analisa hasil observasi. Subjek penelitian adalah 15 orang anak didik terdiri dari 8 orang anak perempuan dan 7 orang anak laki-laki. Pengamatan dilakukan terhadap kemampuan menyimak anak yaitu meliputi kemampuan anak menceritakan kembali apa yang didengar. Kegiatan pengembangan dilakukan selama 5 (lima) kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi (pengambilan gambar dan rekaman). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif (reduksi data, display data dan verifikasi data). Hasil pengembangan kegiatan bercerita dengan gambar menunjukkan peningkatan kemampuan menyimak pada anak dari pertemuan pertama sampai pertemuan kelima. Pada pertemuan kelima terlihat 3 orang anak yang berada dalam kategori sangat baik, 7 orang anak berada dalam kategori sedang dan 5 orang anak yang berada pada kategori kurang atau belum berkembang kemampuan menyimaknya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jan 2023 06:27
Last Modified: 20 Jan 2023 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26694

Actions (login required)

View Item View Item