Muhammad, Rais (2014) Pengembangan “Proyek’’Dalam Project Based Learning: Suatu Upaya Memahami, Mengembangkan, dan Menerapkan Pendekatan Scientific Learning Implementasi Kurikulum 2013. In: Prosiding Konvensi Nasional APTEKINDO VII dan Temu Karya XVIII FPTK/FT-JPTK Se-Indonesia (Bagian IV hal 580 sd. 804), 13 s.d 14 November 2014, Bandung.
Text (Prosiding)
34 Pengembangan Project dalam PBL.pdf Download (5MB) |
|
Text (Turnitin)
34. PENGEMBANGAN “PROYEK’ DALAM PROJECT-BASED LEARNING_ Suatu Upaya memahami, mengembangkan, dan menerapkan pendekatan Scientific Learning Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pendidikan Vokasional.pdf Download (1MB) |
|
Text (Peer Review)
27 Prosiding Nasional-Pengambangan Proyek dalam Project Based Learn.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 (K-13) sudah sampai pada tahap implementasi. Hal ini menuntut kesiapan guru untuk memahami, mengembangkan dan menerapkan secara komprehensip seluruh skenario implementasi K-13, tidak terkecuali adalah pemahaman terhadap pendekatan scientific learning. Salah satu pendekatan scientific learning yang direkomendasikan dalam K-13 adalah project-based learning. Pendekatan ini tidak mudah, menuntut pemahaman secara mendalam mulai dari tahap penggalian ide proyek, hingga penentuan proyek akhir yang akan dipilih sebagai “proyek” dalam project-based learning.Guru Sebelum memulai merencanakan proyek, sangat perlu memperhatikan beberapa hal terkait dengan kesuksesan dalam rancangan proyek. Project-based learning sangat kuat, menantang, dan memerlukan visi, struktur, dan pemahaman nyata dalam proses pembelajaran. Proyek yang baik tidak hanya lahir tiba-tiba, namun dihasilkan dari perencanaan yang teliti yang meliputi hasil berfikir tingkat tinggi, tepatwaktu, dan manajerial. Dengan memulai dari pertanyaan dan pikiran mendasar, pebelajar akan ditingkatkan kemampuannya dalam merancang proyek, berkomunikasi dengan baik serta menanamkan pemahaman yang berarti dalam perolehan motivasi berprestasi dan hasil belajar.Dalam upaya mengembangkan “proyek” dalam project-based learning, BIE (2003) menyebutkan terdapat enam langkah yang akan membantu pebelajar memulai perencanaan proyek secara lebih efektif sekaligus sebagai kajian dalam makalah ini, yaitu: 1) mengembangkan ide proyek; 2) menentukan ruanglingkup proyek; 3) menyeleksi proyek yang layak; 4) menggabungkan hasil proyek secara bersama; 5) dikerjakan dari proyek desain yang memiliki kriteria; 6) mengkreasikan proyek dari lingkungan pembelajaran yang optimal.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan “Proyek” dalam PBL, Pendekatan Scientific Learning |
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknologi Pertanian |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | Dr Muhammad Rais |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 19:26 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 13:43 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26689 |
Actions (login required)
View Item |