PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PADA KEGIATAN PENCAMPURAN WARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK. UMMU AIMAN KECAMATAN TAMALATE MAKASSAR

Murni Djohan (2023) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PADA KEGIATAN PENCAMPURAN WARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK. UMMU AIMAN KECAMATAN TAMALATE MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI ( sampul ).docx

Download (17kB)
[img] Text
lembar pengesahan 2.doc

Download (34kB)
[img] Text
lembar pengesahan 1.doc

Download (36kB)
[img] Text
MOTO.docx

Download (12kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
SKRIPSI ( sampul ).docx

Download (17kB)
[img] Text
KISI-kisi.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 4 (foto-foto kegiatan).docx

Download (884kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (35kB)

Abstract

Murni Djohan, 2016. Pengembangan Pembelajaran Pada Kegiatan Pencampuran Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Di TK Ummu Aiman Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd,.M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sains anak melalui kegiatan pencampuran warna di TK. Ummu Aiman Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Dengan rumusan masalah: “bagaimanakah meningkatkan kemampuan sains pada kegiatan pencampuran warna untuk meningkatkan kemampuan sains di TK. Ummu Aiman Kecamatan Tamalate Kota Makassar”. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif, yang dilakukan sebanyak lima kali pertemuan dengan objek dalam proses pengembangan pembelajaran ini adalah guru kelas, lima belas anak didik pada Kelompok B TK Ummu Aiman. Fokus penelitian adalah pada kemampuan sains dan prosedur pengembangan ini meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Tampak hasil dari pengembangan pembelajaran yang telah dilakukan menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan perkembangan dan kemampuan sains anak diantaranya anak telah mampu mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur dan media yang dipergunakan dari bahan alam dengan menggunakan peralatan sederhana yang ada disekitar anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2023 05:36
Last Modified: 19 Jan 2023 05:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26661

Actions (login required)

View Item View Item