Project-Based Learning vs Pembelajaran dengan Metode Ekspositori dalam Menghasilkan Kemampuan Belajar Teori Perancangan Mesin

Muhammad, Rais and Wayan, Ardhana (2013) Project-Based Learning vs Pembelajaran dengan Metode Ekspositori dalam Menghasilkan Kemampuan Belajar Teori Perancangan Mesin. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 20 (1). pp. 33-44. ISSN 2580-2313

[img] Text (Article)
9 Project Based Learning vs Pembelajaran Ekspositori.pdf

Download (375kB)
[img] Text (Turnitin)
9. Project-Based Learning vs Pembelajaran dengan Metode Ekspositori dalam Menghasilkan Kemampuan Belajar Teori Perancangan Mesin.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review)
8 Jurnal Nasional SINTA-Project Based LEarning vs Pembelajaran den.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-p...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar dan pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar teori perancangan mesin. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen menggunakan rancangan desain faktorial 2x4. Subjek penelitian terdiri dari 58 orang mahasiswa program studi S1 dan 48 orang program studi D3 yang berada pada semester IV tahun ajaran 2009-2010 jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Data dianalisis dengan menggunakan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar teori perancangan mesin yang signifikan antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran project-based learning dan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar teori perancangan mesin antara kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar diverging, converging, assimilating, dan accommodating, dan (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar belajar matakuliah teori perancangan mesin. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan strategi project-based learning memiliki pengaruh yang lebih baik dengan skor rata-rata 72.431 dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori yang memiliki skor rata-rata relatif lebih kecil 68.125.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: project-based learning, ekspositori, gaya belajar, prestasi belajar
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknologi Pertanian
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Muhammad Rais
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:01
Last Modified: 25 Jan 2023 00:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26651

Actions (login required)

View Item View Item