PENGEMBANGAN METODE CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAKDI TAMAN KANAK KANAK AMALIYAH BLKI MAKASSAR

MASNIATY. (2023) PENGEMBANGAN METODE CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAKDI TAMAN KANAK KANAK AMALIYAH BLKI MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL PENGEMBANGAN METODE CERITA BERGAMBAR UNTUK.docx

Download (25kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (25kB)
[img] Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN METODE CERITA.rtf

Download (1MB)
[img] Text
FOTO SKRIPSI.docx

Download (5MB)

Abstract

MASNIATY. 2015. “Pengembangan Metode Cerita Bergambar Untuk Meningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Di Taman Kanak-Kanak Amaliyah BLKI Makassar”. Dibimbing oleh Azizah Amal, S.S, M.Pd dan Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kemampuan bahasa reseptif anak pada Taman Kanak-kanak Amaliyah BLKI Makassar masih kurang, Hal ini dibuktikan bahwa pada saat kegiatan belajar mengajar, masih ada anak yang belum bisa menceritakan gambar yang ada pada buku dan menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosakata yang terbatas. Oleh karena itu, peneliti merumuskan masalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak melalui metode cerita bergambar di Taman Kanak-kanak Amaliyah BLKI Makassar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak melalui metode cerita bergambar di Taman Kanak-kanak Amaliyah BLKI Makassar. Subyek pembelajaran adalah anak didik Kelompok A Taman Kanak-kanak Amaliyah BLKI Makassar. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, maka ditarik kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak dapat meningkat melalui metode cerita bergambar. Disini dapat dilihat pada awal pertemuan ketertarikan anak masih kurang terhadap permainan, tetapi pada pertemuan pertengahan sampai akhir anak mulai tertarik dan penuh semangat dalam metode cerita bergambar. Begitupun pencapaian indikator kemampuan bahasa reseptif mengalami peningkatan karena sampai pada pertemuan terakhir anak mampu menceritakan gambar yang ada dalam buku dan anak mampu menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosakata yang terbatas.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:45
Last Modified: 19 Jan 2023 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26650

Actions (login required)

View Item View Item