PENGEMBANGAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II CABANG KARUNRUNG KOTA MAKASSAR

RISMAWATI MS (2023) PENGEMBANGAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II CABANG KARUNRUNG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
A 1 SAMPUL DEPAN.docx

Download (41kB)
[img] Text
A 2 COVER DEPAN.docx

Download (101kB)
[img] Text
BAB I-III.docx

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN I.docx

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN II.docx

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN III.docx

Download (44kB)
[img] Text
LAMPIRAN IV.docx

Download (12MB)

Abstract

RISMAWATI MS. 2016. Pengembangan Metode Bercerita Melalui Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal II Cabang Karunrung Kota Makassar. Laporan Pengembangan Pembelajaran. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. pada Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kemampuan bercerita merupakan kemampuan agar anak mengungkapkan pikiran melalui bahasa lisan yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat untuk dapat berbahasa Indonesia. Kemampuan bercerita diukur dengan kemampuan menceritakan kembali kejadian secara sederhana disesuaikan dengan usia anak, Media gambar seri adalah media atau komponen komunikasi yang berfungsi sebagai perantara atau pembawa pesan dari pengirim ke penerima. Tujuan mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan bercerita anak melalui penerapan metode bercerita dengan menggunakan media gambar seri di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Aisyiyah Cabang Karunrung Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penyelesaian adalah Laporan Pengembangan Pembelajaran. Fokus pengembangan ini adalah kemampuan bercerita anak dengan metode bercerita melalui media gambar seri. Prosedur pengembangan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal II Cabang Karunrung Kota Makassar yaitu 1 orang guru dan anak yang berjumlah 12 orang, yang terdiri atas 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil pengembangan pembelajaran menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode bercerita melalui gambar seri maka dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal II Cabang Karunrung Kota Makassar. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan pembelajaran bahwa melalui kegiatan pengembangan metode bercerita anak dapat ditingkatkan dengan baik. Pengenalan pada metode melalui gambar seri dan aspek – aspek pengembangannya dapat membangun kemampuan berbahasa anak. Hal ini menunjukkkan bahwa metode bercerita melalui media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal II Cabang Karunrung Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:39
Last Modified: 19 Jan 2023 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26649

Actions (login required)

View Item View Item