ANDI RACHMAWATI (2023) PENGEMBANGAN KEGIATAN BERMAIN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AR-RAHMAN PANAIKANG KECAMATAN MINASATENE KABUPATEN PANGKEP.
Text
1. SAMPUL.doc Download (48kB) |
|
Text
2. Persetujuan Pembimbing.docx Download (912kB) |
|
Text
3. Pengesahan Ujian Skripsi.docx Download (1MB) |
|
Text
4. Lampiran Depan.docx Download (30kB) |
|
Text
5. SKRIPSI.docx Download (895kB) |
|
Text
6. Lampiran.docx Download (65kB) |
|
Text
7. RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx Download (33kB) |
|
Text
8. DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Download (51kB) |
Abstract
Andi Rachmawati. 2016 . Pengembangan Kegiatan Bermain Puzzle untuk Meningkatkan Kognitif Anak Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Ar-Rahman Panaikang Kecamatan Minasatene Kabupaen Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Sumartini,M.Pd dan Hajerah,S.Pd,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengembangan Kegiatan Bermain Puzzle untuk Meningkatkan Kognitif Anak pada kelompok B TK Ar-Rahman Panaikang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kognitif anak melalui pengembangan kegiatan bermain puzzle pada Taman Kanak-Kanak Ar-Rahman Panaikang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian ini adalah pengembangan pembelajaran. Subjek penelitian adalah satu orang Guru dan anak didik TK Ar-Rahman Panaikang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep pada kelompok B semester I dengan jumlah 10 anak. Fokus penelitian ini adalah pengembangan kegiatan bermain puzzle untuk meningkatkan kognitif anak pada Taman Kanak-Kanak TK Ar-Rahman Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep. Hasil penelitian pertemuan pertama terjadi peningkatan kognitif anak namun belum optimal, karena masih ada anak yang belum mampu bermain puzzle. Pada pertemuan kedua terjadi peningkatan kognitif anak karena indikator capaian kreativitas sudah tercapai ditandai dengan anak yang sudah mampu memperkirakan bentuk gambar dari kepingan puzzle dan menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh serta aktvitas Guru terhadap pembelajaran untuk meningkatkan kognitif anak melalui pengembangan kegiatan bermain puzzle sudah optimal. Hal ini disebabkan karena Guru mempersiapkan media bahan bekas sehingga melalui pengembangan kegiatan bermain puzzle untuk meningkatkan kognitif anak dapat terlaksana secara optimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 01:40 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 01:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26604 |
Actions (login required)
View Item |