PENGEMBANGAN KEGIATAN BERMAIN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AR-RAHMAN PANAIKANG KECAMATAN MINASATENE KABUPATEN PANGKEP

ANDI RACHMAWATI (2023) PENGEMBANGAN KEGIATAN BERMAIN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AR-RAHMAN PANAIKANG KECAMATAN MINASATENE KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
1. SAMPUL.doc

Download (48kB)
[img] Text
2. Persetujuan Pembimbing.docx

Download (912kB)
[img] Text
3. Pengesahan Ujian Skripsi.docx

Download (1MB)
[img] Text
4. Lampiran Depan.docx

Download (30kB)
[img] Text
5. SKRIPSI.docx

Download (895kB)
[img] Text
6. Lampiran.docx

Download (65kB)
[img] Text
7. RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (33kB)
[img] Text
8. DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (51kB)

Abstract

Andi Rachmawati. 2016 . Pengembangan Kegiatan Bermain Puzzle untuk Meningkatkan Kognitif Anak Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Ar-Rahman Panaikang Kecamatan Minasatene Kabupaen Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Sumartini,M.Pd dan Hajerah,S.Pd,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengembangan Kegiatan Bermain Puzzle untuk Meningkatkan Kognitif Anak pada kelompok B TK Ar-Rahman Panaikang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kognitif anak melalui pengembangan kegiatan bermain puzzle pada Taman Kanak-Kanak Ar-Rahman Panaikang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian ini adalah pengembangan pembelajaran. Subjek penelitian adalah satu orang Guru dan anak didik TK Ar-Rahman Panaikang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep pada kelompok B semester I dengan jumlah 10 anak. Fokus penelitian ini adalah pengembangan kegiatan bermain puzzle untuk meningkatkan kognitif anak pada Taman Kanak-Kanak TK Ar-Rahman Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep. Hasil penelitian pertemuan pertama terjadi peningkatan kognitif anak namun belum optimal, karena masih ada anak yang belum mampu bermain puzzle. Pada pertemuan kedua terjadi peningkatan kognitif anak karena indikator capaian kreativitas sudah tercapai ditandai dengan anak yang sudah mampu memperkirakan bentuk gambar dari kepingan puzzle dan menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh serta aktvitas Guru terhadap pembelajaran untuk meningkatkan kognitif anak melalui pengembangan kegiatan bermain puzzle sudah optimal. Hal ini disebabkan karena Guru mempersiapkan media bahan bekas sehingga melalui pengembangan kegiatan bermain puzzle untuk meningkatkan kognitif anak dapat terlaksana secara optimal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:40
Last Modified: 18 Jan 2023 01:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26604

Actions (login required)

View Item View Item