PENGEMBANGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SEMEN TONASA II KABUPATEN PANGKEP

RAMLAH (2023) PENGEMBANGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SEMEN TONASA II KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx

Download (74kB)
[img] Text
SKRIPSI RAMLAH.docx

Download (80kB)
[img] Text
hasil observasi anak.docx

Download (51kB)
[img] Text
kisi instrumen ramlah.docx

Download (39kB)
[img] Text
Foto kegiatan dan riwayat hidup.docx

Download (162kB)

Abstract

RAMLAH. 2016. Pengembangan Metode Bercerita Menggunakan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Di Taman Kanak-Kanak Semen Tonasa II Kabupaten Pangkep. Dibimbing oleh Dra.Hj.Sumartini, M.Pd dan Hajerah, S.Pdi, M.Pd, pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak Semen Tonasa II Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menelaah kemampuan berbicara anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak Semen Tonasa II Kabupaten Pangkep. Jenis pengembangan yang digunakan adalah menggunakan deskriptif kualitatif yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelompok A dan anak didik TK Semen Tonasa II yang berjumlah 19 orang, dengan rincian 9 laki-laki dan 10 perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan semua hal yang diperoleh selama kegiatan berlangsung. Dari hasil pelaksanaan diperoleh data kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan disetiap pertemuannya melalui penggunaan metode bercerita sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK Semen Tonasa II Kabupaten Pangkep.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:20
Last Modified: 17 Jan 2023 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26587

Actions (login required)

View Item View Item