PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN MENARI PADA USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNM KOTA MAKASSAR

NURFAISA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN MENARI PADA USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNM KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (25kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.docx

Download (79kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
4. FIGHTING NEW.docx

Download (184kB)
[img] Text
6.LEMBAR OBSERVASI GURU.docx

Download (36kB)
[img] Text
7. LEMBAR OBSERVASI ANAK.docx

Download (79kB)
[img] Text
9. DOKUMENTASI.docx

Download (37MB)
[img] Text
10. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (102kB)

Abstract

Nurfaisa, 2014.Peningkatan kemampuan Motorik kasar Anak Melalui Kegiatan Menari Pada Usia 5-6 Tahun/Kelompok B2 Di Taman Kanak-kanak Teratai UNM Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd selaku pembimbing pertama dan Dra.Hj. Sumartini, M.Pd selaku pembimbing kedua. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan menari pada usia 5-6 tahun di kelompok B2 TK Teratai UNM Kota Makassar. Tujuan penelitian ini yakni untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan menari di Kelompok B TK Teratai UNM Kota Makassar. Pendekatandanjenispenelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan menari. Setting/subjek penelitian yaitu di Taman Kanak-kanak Teratai UNM Kota Makassar, kelompok B2 dengan jumlah anak didik sebanyak 15 orang dan 1 guru kelas. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil padasiklus I peningkatan kemampuan motorik kasar anak didik melalui kegiatan menari masih berada pada kategori kurang berkembang karena hanya terdapat 2 anak yang berkembang, dan setelah dilakukansiklus II pada pertemuan ketiga dilaksanakan peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan menari menunjukkan kategori baik dan sudah berkembang, karena telah memenuhi kedua indikator yakni Anak sudah mampu mengekspresikan gerakan tangan dan kaki sesuai dengan irama musik/ritmik dengan lentur dan anak sudah mampu dalam menari menurut musik yang didengar. Dengan demikian kegiatan menari efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak pada usia 5-6 tahun di kelompok B Taman Kanak-kanak Teratai UNM Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:27
Last Modified: 09 Jan 2023 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26454

Actions (login required)

View Item View Item