PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SACHAROSA PABRIK GULA TAKALAR DESA PA’RAPUNGANTA KECAMATAN POLONGBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR

ST.AISYAH. (2023) PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SACHAROSA PABRIK GULA TAKALAR DESA PA’RAPUNGANTA KECAMATAN POLONGBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
sampul.doc

Download (54kB)
[img] Text
Halaman Depan Skripsi-1.doc

Download (142kB)
[img] Text
BAB 1,2,3,4,5.docx

Download (134kB)
[img] Text
DaFTAR PUSTAKA.doc

Download (27kB)
[img] Text
intrument anak ocha.docx

Download (43kB)
[img] Text
lampiran 1,2 ocha.docx

Download (42kB)
[img] Text
foto penelitian ocha.doc

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.doc

Download (64kB)

Abstract

ST.AISYAH. 2015.Penerapan Metode Bercakap-cakap Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak di Taman Kanak-kanak Sacharosa Pabrik Gula Takalar Desa Pa’rapunganta Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Skripsi dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd, M.Pd dan Dr. Muh. Yusri Bachtiar, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Sacharosa Desa Pa’rapunganta Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Sacharosa Desa Pa’rapunganta Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B Taman Kanak-kanak Sacharosa Pabrik Gula Takalar Desa Pa’rapunganta Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar yaitu 1 orang guru dan 15 orang anak didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penilitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode bercakap-cakap maka dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Sacharosa Pabrik Gula Takalar Desa Pa’rapunganta Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Hasil penelitian menunjukkan hasil dari siklus I kemampuan berbicara anak pada masih rendah dan pada hasil siklus II yaitu kemampuan berbicara anak sudah meningkat sehingga pada siklus kedua pertemuan ke III penelitian sudah berhasil.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jan 2023 06:48
Last Modified: 06 Jan 2023 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26440

Actions (login required)

View Item View Item