PENERAPAN METODE PROYEK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK DHARMAWANITA TEPPO KABUPATEN PINRANG

SUDARMIN (2023) PENERAPAN METODE PROYEK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK DHARMAWANITA TEPPO KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (195kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (112kB)
[img] Text
DATA KREATIVITAS ANAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (31kB)
[img] Text
SKENARIO PEMBELAJARAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
KISI.docx

Download (32kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDU1.docx

Download (64kB)

Abstract

SUDARMIN, 2013. Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Dharmawanita Teppo Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Muhammad Yusri Bachtiar, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Dharmawanita Teppo Kabupaten Pinrang ?, Tujuan penelitian untuk mengetahui Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Dharmawanita Teppo Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah metode proyek dan kreativitas anak. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Dharmawanita Teppo Kabupaten Pinrang. Subjek penelitian ini adalah kelompok A sebanyak 16 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode proyek dalam mengembangkan kreativitas anak kelompok A Taman Kanak-kanak Dharmawanita Teppo Kabupaten Pinrang diterapkan dengan cara pertama-tama menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan proyek, selanjutnya guru menyampaikan kegiatan yang akan dikerjakan dalam proyek, lalu guru membagi anak dalam beberapa kelompok dan meminta anak melaksanakan kegiatan dan pada saat kegiatan guru mengamati hasil pekerjaan anak. Kegiatan proyek dilaksanakan sebanyak 3 kali dengan jenis proyek yakni proyek 17 Agustus, proyek hari lebaran, dan proyek hari ulang tahun. Adapun kreativitas anak yang terlihat dari kegiatan proyek tersebut adalah anak lancar mengerjakan tugas yang diberikan dengan cepat, lentur mengerjakan tugas yang diberikan dengan cara yang berbeda, orisinalitas menghasilkan karya sendiri dan ulet mengerjakan tugas sampai selesai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Jan 2023 06:11
Last Modified: 04 Jan 2023 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26391

Actions (login required)

View Item View Item