MEUTIAH HARDIYANTI AHMAD (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI BERMAIN JEMARI BERANGKA DI KELOMPOK B4TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNM KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL.docx Download (21kB) |
|
Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (24kB) |
|
Text
4. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (22kB) |
|
Text
6. MOTTO.docx Download (12kB) |
|
Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (13kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
8. PRAKATA.docx Download (17kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (35kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.docx Download (73kB) |
|
Text
SKENARIO PEMBELAJARAN.docx Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Download (40kB) |
Abstract
MEUTIAH HARDIYANTI, 2014. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Jemari Berangka Di Kelompok B4 Taman Kanak-Kanak Teratai UNM Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sumartin, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan berhitung melalui bermain jemari berangka pada kelompok B4 di Taman Kanak-kanak Teratai UNM? Yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung anak didik di kelompok B4 Taman Kanak-Kanak Teratai UNM mealalui bermain jemari berangka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Fokus penelitin yaitu (1) bermain jemari berangka dan (2) kemampuan berhitung. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 10 orang anak kelompok B4 di Taman Kanak-kanak Teratai UNM. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penilitian menunjukkan bahwa dengan bermain jemari berangka maka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada kelompok B4 di Taman Kanak-kanak Teratai UNM Kota Makassar dengan menggunakan teknik analisi data kualitatif yang terdiri dari tiga tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil Observasi Pada siklus I kemampuan berhitung melalui bermain jemari berangka masih sangat kurang, di sini dapat dilihat bahwa anak kurang mampu berhitung dengan menggunakan jari-jemari tangannya. Hasil observasi Pada siklus II kemampuan berhitung melalui bermain jemari berangka sudah mulai meningkat, dikarenakan anak sudah mampu berhitung dengan menggunakan jari-jerami tangannya. Dapat disimpulkan bahwa dengan bermain jemari berangka dapat meningatkan kemampuan berhitung anak didik di kelompok B4 di Taman Kanak-Kanak Teratai UNM Kota Makassar dengan bermain jemari berangka. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan berhitung melalui bermain jemari berangka yaitu membilang atau menyebutkan lambang bilangan 1-10 dan menunjuk lambang bilangan 1-10.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 03:05 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 03:05 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26385 |
Actions (login required)
View Item |