PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PENERAPAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH ULUGALUNG KECAMATAN PAMMANA KABUPATEN WAJO

HASNIDAR (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PENERAPAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH ULUGALUNG KECAMATAN PAMMANA KABUPATEN WAJO.

[img] Text
SAMPUL USULAN PENELITIAN.docx

Download (151kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (195kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (97kB)
[img] Text
Hasil Penelitian Hasnidar.rtf

Download (650kB)
[img] Text
KISI-KISI.docx

Download (44kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (34kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDU1.docx

Download (171kB)

Abstract

HASNIDAR, 2014. Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Lambang Bilangan Melalui Penerapan Media Kartu Angka Bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ulugalung Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Rusmayadi, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Kemampuan Anak Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Kartu Angka Bergambar dapat Meningkat di TK Aisyiyah Ulugalung Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo?, tujuan penelitian untuk mengetahui Kemampuan Anak Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Kartu Angka Bergambar dapat Meningkat di TK Aisyiyah Ulugalung Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ulugalung di Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Subjek penelitian ini adalah kelompok A yang berjumlah 10 orang anak dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media kartu angka bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ulugalung Kabupaten Wajo yang terdiri dari guru menyiapkan kartu angka bergambar, menjelaskan tugas-tugas yang akan dikerjakan, melaksanakan permainan dengan menggunakan kartu angka bergambar, memberi kesempatan kepada anak mencoba bermain mencari kartu angka bergambar yang sesuai dengan jumlah gambar dan melanjutkan permainan sampai semua anak mencoba permainannya, kemampuan anak mengenal lambang bilangan melalui media kartu kata dapat meningkat dalam hal membilang/ menyebut urutan bilangan dari 1-10 dan menghubungkan/ memasangkan lambang bilangan dengan benda dari 1-10. Dengan demikian kemampuan mengenal lambang bilangan anak melalui penggunaan media kartu angka bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ulugalung Kabupaten Wajo dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:07
Last Modified: 26 Dec 2022 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26302

Actions (login required)

View Item View Item