RAHMANIAR (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR SERI DI TAMAN KANAK-KANAK ABA CAKKELA KECAMATAN KAHU KABUPATEN BONE.
Text
A 1 Sampul.docx Download (43kB) |
|
Text
A 2 Halaman Depan.docx Download (86kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (72kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (41kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (30kB) |
|
Text
Lampiran 1 Kisi Instrumen.docx Download (23kB) |
|
Text
Lampiran 2 Lembar Observasi Guru.docx Download (18kB) |
|
Text
Lampiran 4 Lembar Observasi Aspek Guru.docx Download (29kB) |
Abstract
RAHMANIAR. 2015. Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Melalui Penerapan Metode Bercerita Dengan Gambar Seri di Taman Kanak-kanak ABA Cakkela Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj. Bulkis Said, M.Si., dan Muh. Akil Musi, S.Pd., M.Pd., pada Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menyimak cerita melalui penerapan metode bercerita dengan gambar seri di TK ABA Cakkela Kecamatan Kahu Kabupaten Bone? Yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak cerita melalui penerapan metode bercerita dengan gambar seri di TK ABA Cakkela Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Fokus penelitin ini adalah peningkatan kemampuan menyimak cerita melalui penerapan cerita gambar seri di TK ABA Cakkela Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B Taman Kanak-kanak ABA Cakkela Kecamatan Kahu Kabupaten Bone yaitu 1 orang guru dan anak yang berjumlah 15 orang. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan kemampuan menyimak pada anak mengalami peningkatan, setelah di berikan pembelajaran dengan menggunakan cerita gambar seri hal tersebut terlihat Anak sudah mampu memahami informasi dari orang lain dan memahami perintah dengan benar yaitu pada siklus I kemampuan anak berada pada kategori cukup yaitu 66% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 93% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode bercerita dengan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 07:25 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 07:25 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26286 |
Actions (login required)
View Item |