PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRIMELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI TAMAN KANAK-KANAK KURUSUMANGE DESA CAKKELA KECAMATAN KAHU KABUPATEN BONE

ANDI HARTATI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRIMELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI TAMAN KANAK-KANAK KURUSUMANGE DESA CAKKELA KECAMATAN KAHU KABUPATEN BONE.

[img] Text
A 1 sampul depan.docx

Download (40kB)
[img] Text
A 2 Halaman Depan Skripsi.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (60kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 1 Kisi-kisi instrumen.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 2 Lembar Observasi Guru.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 3 Lembar Observasi Anak.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 4 Lembar observasi aspek guru dan anak.docx

Download (35kB)

Abstract

ANDI HARTATI. 2015. Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui metode pemberian tugas di TK Kurusumange Desa Cakkela Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. dan Azizah Amal S.S, M.Pd. pada Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui metode pemberian tugas di Taman Kanak-Kanak Kurusumange Desa Cakkela Kecamatan Kahu Kabupaten Bone? Yang bertujuan untuk mengetahui Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui metode pemberian tugas di Taman Kanak-Kanak Kurusumange Desa Cakkela Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Fokus penelitin ini adalah kemampuan mengenal bentuk geometri dan metode pemberian tugas. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Taman kanak-kanak Kurusumange Desa Cakkela Kecamatan Kahu Kabupaten Bone pada Kelompok B yang berjumlah 15 Anak dan 1 orang guru. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penilitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Kurusumange Desa Cakkela Kecamatan Kahu Kabupaten Bone mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian, setelah diterapkan tindakan pembelajaran melalui metode pemberian tugas yang dilakukan secara berulang-ulang pada siklus I dan siklus II sehingga kemampuan mengenal bentuk geometri anak mengalami peningkatan dalam hal, menunjuk bentuk geometri, menyebutkan bentuk geometri dan mengumpulkan benda-benda di sekitar berdasarkan bentuk geometri dengan langkah-langkah pelaksanaan metode pemberian tugas yaitu guru menetapkan tujuan, guru menyiapkan sarana, peralatan, dan tempat, menetapkan langkah-langkah kegiatan, melaksanakan kegiatan, memonitor kegiatan dan menilai kegiatan sehingga kemampuan mengenal bentuk geometri meningkat. Kesimpulan dalam penelitian yaitu dengan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:54
Last Modified: 22 Dec 2022 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26282

Actions (login required)

View Item View Item