HASNAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN BERMAIN PLASTISIN DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA PINRANG.
Text
smpul ku - Copy.docx Download (75kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB 1-3.docx Download (62kB) |
|
Text
Siklus I-1.docx Download (43kB) |
|
Text
Siklus I-2.docx Download (44kB) |
|
Text
RKH I.docx Download (30kB) |
|
Text
RKH 2.docx Download (30kB) |
|
Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx Download (37kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN HASNA.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (37kB) |
Abstract
Hasnah, 2014. Peningkatan Kemampuan Kreativitas Melalui Kegiatan Bermain Plastisin di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan kreativitas anak melalui kegiatan bermain plastisin di Kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kreativitas anak melalui kegiatan bermain plastisin di Kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah kreativitas anak dan kegiatan bermain plastisin. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 11 anak kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Pinrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kreativitas melalui kegiatan bermain plastisin di Kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Pinrang. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, pada siklus I proses kreativitas anak kategori cukup dan proses kegiatan bermain plastisin yang dilakukan guru kategori cukup karena sebagian anak tidak mencapai kemampuan indikator yang diamati. Sedangkan pada siklus II proses kreativitas anak kategori baik dan proses kegiatan bermain plastisin yang dilakukan guru kategori baik karena semua anak telah mencapai kemampuan indikator yang diamati. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan kreativitas anak dan kegiatan bermain plastisin yang dilakukan guru di Kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Pinrang meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 06:17 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 06:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26245 |
Actions (login required)
View Item |