PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS SEDERHANA PADA ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL CABANG PINRANG BARAT KABUPATEN PINRANG

RASTATI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS SEDERHANA PADA ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL CABANG PINRANG BARAT KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
LAMPIRAN depan.docx

Download (57kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (31kB)
[img] Text
DAPTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
PENDAHULUAN SAY.docx

Download (120kB)
[img] Text
Kisi-kisi Instrumen Observasi.docx

Download (17kB)
[img] Text
lamp percobaan.docx

Download (28kB)
[img] Text
RKH TK.docx

Download (34kB)
[img] Text
rastati foto.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (13kB)

Abstract

RASTATI. 2014. Peningkatan Kemampuan Sains Sederhana pada Anak melalui Metode Eksperimen di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Pinrang Barat Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Azizah Amal, S.S. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimanakah peningkatan kemampuan sains sederhana pada anak melalui metode eksperimen di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Pinrang Barat Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan sains sederhana pada anak melalui metode eksperimen di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Pinrang Barat Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Setting penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Pinrang Barat Kabupaten Pinrang dengan subyek penelitiannya yaitu 1 orang guru dan 12 orang anak kelompok B. Rancangan tindakan yang diberikan berupa penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan sains sederhana pada anak di taman kanak-kanak yang dilaksanakan selama 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengambilan data melalui observasi dan analisis datanya diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I perencanaan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Tahap pelaksanaan tindakan masih terdapat kekurangan dan kelemahan baik dari anak didik maupun dari guru. Tahap observasi masih terdapat kekurangan dan kelemahan antara lain masih ada anak didik yang masuk kategori kurang. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran 1 dan 2 pada siklus I belum dapat dikatakan berhasil, sehingga harus dilaksanakan siklus II. Adapun pada siklus II perencanaan dan pelaksanaan sudah baik dimana guru sudah mampu memberikan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan. Guru juga mampu memotivasi anak untuk fokus dalam kegiatan eksperimen sehingga seluruh anak termotivasi untuk terlibat aktif dalam prosesnya. Peningkatan kemampuan sains sederhana anak melalui metode eksperimen ditemukan bahwa sebagian besar anak didik sudah masuk kategori berkembang sesuai harapan , beberapa anak didik masuk kategori mulai berkembang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 05:46
Last Modified: 21 Dec 2022 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26242

Actions (login required)

View Item View Item