PENERAPAN METODE BERCERITA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 2 PAREPARE

RINA RAHAYU (2022) PENERAPAN METODE BERCERITA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 2 PAREPARE.

[img] Text
SAMPUL.doc

Download (41kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMB..doc

Download (198kB)
[img] Text
Skrips..docx

Download (197kB)
[img] Text
Hsl Penelitian.docx

Download (71kB)
[img] Text
hsl gambar.docx

Download (2MB)
[img] Text
SATUAN KEGIATAN HARIAN.docx

Download (101kB)

Abstract

Rina Rahayu 2014. Penerapan Metode Bercerita Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 2 Parepare. Skripsi dibimbing oleh Dra. Istiyani Idrus ,M.Si dan Herman, S.Pd,M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah yaitu Bagaimanakah peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui penerapan metode bercerita gambar Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 2 Parepare pada kelompok B. Tujuan untuk mengetahui metode bercerita gambar dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak ditaman kanak-kanak Aisyiyah 2 Parepare pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah kemampuan bahasa ekspresif anak melalui bercerita gamabar di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 2 parepare dengan tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-kank Aisyiyah 2 Parepare pada kelompok B dengan melalui metode bercerita gambar. Dengan setting dan subyek penelitian adalah anak-anak TK Aisyiyah 2 Parepare pada kelompok B yang berjumlah 16 anak didik. Rencana tindakan sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus berlangsung dua tahap. Dengan tehnik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan dokumentasi. Kemudian tehnik analisis menggunakan analisis deskriptif. melalui penerapan metode bercerita gambar yang diperoleh masih dalam kategori sedang, sedangkan pada siklus II pengembangan bahasa ekspresif anak mulai meningkat melalui observasi guru dan anak didik serta melihat dokumentasi kegiatan yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 2 parepare pada kelompok B. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan bahasa ekspresif anak yang ditampilkan dalam proses pembelajaran. Dengan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 2 Parepare Kelurahan Ujung Bulu Kecamatan ujung Kota Parepare.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:28
Last Modified: 21 Dec 2022 01:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26217

Actions (login required)

View Item View Item