PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN DENGAN MEDIA BAHAN BEKAS DI TAMAN KANAK-KANAK FITRIAH PA’BUNDUKANG KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA

SUKWATI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN DENGAN MEDIA BAHAN BEKAS DI TAMAN KANAK-KANAK FITRIAH PA’BUNDUKANG KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA.

[img] Text
LAMPIRAN DEPAN.docx

Download (64kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (109kB)
[img] Text
KISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (15kB)

Abstract

Sukwati, 2014. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Permainan Dengan Media Bahan Bekas di Taman Kanak-Kanak Fitriah Pa’Bundukang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Dibimbing oleh. Dra. Istiani Idrus, M.Si, dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan dengan media bahan bekas di Taman Kanak-Kanak Fitriah Pa’Bundukang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak dalam permainan media bahan bekas di Taman Kanak-Kanak Fitriah Pa’Bundukang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek adalah kelompok A sebanyak 15 anak dan 1 orang guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kegiatan bermain dengan menggunakan media bahan bekas meningkatkan motorik halus pada anak. Hal ini terlihat dari hasil siklus I masih banyak anak yang belum mampu melaksanakan kegiatan sesuai indikator dengan baik, disebabkan di dalam bermain bahan bekas anak-anak belum mampu dan guru kurang membimbing anak. Dan pada siklus II hampir semua anak mampu melaksanakan kegiatan yang diberikan dengan baik dan benar, disebabkan guru sudah baik dalam memberikan materi dan bimbingan kepada anak. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui permainan dengan media bahan bekas dapat meningkatkan motorik halus pada anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Dec 2022 00:51
Last Modified: 15 Dec 2022 00:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26116

Actions (login required)

View Item View Item